Pages

Tuesday, October 19, 2010

Ice-Breaking Games: Revealing Secret for Introduction

Barusan tiba-tiba gw inget sama tugas yang gw kasih buat Ajeng, salah satu student gw di English Student Club SMAN 1 Rangkasbitung.

Dua minggu yang lalu, dia minta gw buat ngelatih anak-anak yang mau ikut lomba english debate. Berhubung lagi banyak urusan dan banyak tugas, gw minta dia buat bawain basic matter yang dulu pernah gw kasih. Jangan lupa, laporin hasil latihannya. Gw juga ngejanjiin bakal ngasih materi latihan via e-mail.

It's been two weeks and i haven't send any of it.

So does she.

Oke, kita anggap impas aja ya, Jeng.

Minggu ini, gw bener-bener mesti stay seminggu di rumah gara-gara bokap lagi dinas di Tangerang seminggu. Nyokap nggak ada yg nemenin. Gw berencana buat dateng ke latihannya ESC besok-besok.

Tiba-tiba gw punya ide buat bahan latihannya. Berhubung nanti bakal jadi pertemuan pertama gw sama anggota-anggota baru, jadi buat latihan kali ini gw bakal pake ice-breaking game.

Ice-breaking game itu apa, kaka Rere?

Ice-breaking itu istilah buat mencairkan obrolan atau suasana yang awalnya kaku. Let's say, kita lagi naik bis dan duduk di sebelah ibu-ibu. Untuk mengawali obrolan, kita bisa tanya,

"Mau kemana, bu?"

Lalu dia akan jawab dia mau kemana. Lalu kita bisa lanjut ke hal-hal ringan lain. Siapa tau di akhir obrolan, ongkosnya bakal dibayarin :p

Itu contoh ice-breaking yang paling sederhana. Ingat, pertanyaan "Bu, harga duren sekilo berapa ya?" bukan ice-breaking yang baik. Anda bisa dikira lagi mabok duren atau digampar gara-gara disangka nyindir si ibu mukanya mirip tukang duren.

Ok, back to the point.
Ice-breaking game yang nanti gw praktekkin seperti ini:

Pertama-tama, sekedar info, target ice-breaking gw nanti ialah sekitar 20 orang.

Siapkan makanan kecil. I mean, bener-bener kecil, supaya kalo dimakan banyak sekaligus, target kita nggak akan keselek. Misalnya coklat Cha-Cha yang bulet-bulet itu (atau coklat Pee-Wee. Masih ada nggak ya? Oh, how i miss it...)

Sediakan dalam jumlah banyak. Taruh di toples atau wadah apa aja.

Suruh target kita ambil coklat Cha-Cha itu sebanyak yang mereka mau. Minimal tiga. Tapi usahain semuanya kebagian.

Jangan dulu suruh mereka makan.
Jangan dulu kasih tau coklat itu buat apa.
Suruh pegang terus sampai semua kebagian.

Setelah semua kebagian, kasih tau mereka apa kegunaan coklat itu.

Setiap butir coklat Cha-Cha yang mereka punya, mewakili satu fakta tentang diri mereka yang harus mereka kasih tau ke seisi ruangan. Untuk pertemuan pertama, akan lebih baik kalau di coklat pertama, mereka sebutin nama mereka.

Contoh:
Gw dapet empat butir coklat Cha-Cha. Jadi gw mesti bilang begini:

"Nama gw Rere"
(makan coklat pertama)
"Gw kalo tidur suka nganga"
(makan coklat kedua)
"Gw suka bangun tengah malem buat ngorek-ngorek kulkas, nyari cemilan"
(makan coklat ketiga)
"Gw nggak suka makan pisang dan salak soalnya langsung bikin gw sembelit"
(makan coklat keempat)

Nah, jadi gitu...

Apa fungsi permainan ini?
Pertama, untuk memunculkan kegunaan dari ice-breaking itu sendiri, yaitu mencairkan suasana yang awalnya kaku.
Kedua, untuk memperkenalkan diri si target lebih jauh daripada sekedar memperkenalkan nama.
Ketiga, mengajarkan target untuk lebih percaya diri.
Keempat, mendorong si target untuk lebih akrab dengan kawan-kawannya.
Kelima, mendorong si target untuk percaya pada kawan-kawannya. Gimana pun juga, ngasih tau fakta tentang diri sendiri itu nggak mudah waktu kita berhadapan sama orang asing.
Keenam, ini yang paling penting, mengajarkan kepada si target kalo dapet cemilan gratisan, jangan maruk, jangan serakah. Semakin dapet cemilan yang didapet, semakin banyak yang harus dikasih tau ke warga sekelas :p

Jadi gitu caranya :)



P.S: tiap kali denger istilah "ice-breaking", gw selalu inget sama lagu Break The Ice-nya Britney Spears. Oh, dan juga desahan di reff-nya. Ah... ah... ah... ah... :D

No comments:

Post a Comment